Menjaga Ibadah Ketika Haid


Assalamu'alaykum wr.wb..

Ukhti yang diberkahi Alloh SWT, haid jangan bikin kita pensiun ibadah, lho! Ada banyak ibadah yang dapat wanita laksanakan meskipun sedang haid. Nah,sebelumnya kita bahas dulu, apa sih haid itu? 

Haid dalam Bahasa Indonesia sebenarnya berasal dari bahasa Arab yaitu haadla, yahuudlu, haidlan yang berarti sesuatu yang mengalir. Kemudian menurut istilah syara', haid merupakan darah darah yang terjadi kepada wanita secara alami, bukan karena suatu sebab dan pada waktu tertentu. Demikian pengertian dari haid. Jadi bukan berasal dari penyakit ataupun darah setelah melahirkan ya.

Baca juga: Figur Wanita Penghuni Surga

Pada saat haid, wanita tidak diperbolehkan melakukan beberapa ibadah seperti sholat fardlu dan puasa. Namun bukan berarti ibadah lain pun ikut libur, ukhti. Simak terus yuk untuk mengetahui ibadah-ibadah apa saja sebagai gambaran yang dapat kamu lakukan saat haid!

1. Bertaubat kepada Alloh dengan memperbanyak istigfar

Manusia tak luput dari dosa termasuk kaum wanita. Maka bertaubatlah kepada Alloh SWT dengan memperbanyak istigfar memohon ampunan Alloh SWT atas segala dosa yang dilakukan dan bertekad untuk tidak mengulanginya, sesungguhnya Alloh Maha Pengampun. 

Alloh SWT berfirman, yang artinya:

"Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Alloh dengan taubat nasuha (taubat yang sebenar-benarnya). Mudah-mudahan Tuhanmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai..." (Qs. At-Tahrim: 8)


2. Memenuhi hak-hak suami

Hak-hak suami yang diperoleh dari seorang istri diantaranya adalah:
  • Taat suami selama dalam kebenaran
  • Menjaga harta suami
  • Tidak menerima seseorang masuk tanpa izin suami dan keluar rumah tanpa izin suami
  • Melayani suami
  • Menjaga agama, kehormatan dan perasaan suami
Bagi wanita yang sudah menikah, amalan ini bisa menjadi ladang pahala untukmu. Ini hanya sebagian saja dari hak-hak suami yang dapat dipenuhi. 

3. Berdzikir & Bersholawat

Wanita yang mengejar keridhoan Alloh SWT membuat jiwa raga dan hatinya selalu terpaut dengan Alloh SWT. Tiada satu waktupun untuk tidak online dengan Alloh SWT. Adapun usaha kita untuk senantiasa mengingat Alloh SWT dalam setiap hembusan nafas kita adalah dengan membaca istigfar, tahlil, tasbih, tahmid, takbir, dan Laahaula walaa quwwata illa billah.  
Kalimat-kalimat tersebut merupakan kalimat yang mulia dan dahsyat. selain itu, ukti bersholawatlah. Mengaku umat dan mencintai Rosululloh SAW? Bersholawatlah!

4. Bersedekah

Kata sedekah berasal dari bahasa arab yaitu shadaqah yang berarti tulus, murni, jujur atau benar. Bersedekah merupakan memberikan sesuatu yag bermanfaat bagi orang lain dengan tulus semata-mata untuk mencari keridhoan Alloh SWT dan kecintaan-Nya. 
Sedekah bisa dilakukan wanita dimana dan kapan saja. Dalam suatu hadist, diriwayatkan dari Adiy bin Hatim ra. katanya: 
Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: 
"Siapa diantara kamu yang mampu membuat penghalang dari azab neraka walaupun hanya dengan sebelah buah kurma maka lakukanlah." (HR. Bukhari-Muslim)

Dalam hadist lain diriwayatkan dari Abu Hurairah ra. katanya: Rasululloh SAW bersabda:
"Wahai para muslimah! Janganlah kamu meremehkan bersedekah kepada tetangga walaupun hanya berupa kuku kambing." (HR. Bukhari - Muslim)
5.Menyambung Silaturrahim


Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapaT hidup sendiri dan selalu membutuhkan keberadaan orang lain. Dalam membina hubungan sosial dengan orang lain, salah satu yang diajarkan Rasulullah SAW adalah dengan menyambung silaturrahim. Dalam suatu hadist yang diriwayatkan dari Abu Musa ra. katanya: 
Rasulullah SAW bersabda:
"Seorang mukmin terhadap mukmin yang lain adalah seperti sebuah bangunan dimana sebagiannya menguatkan sebagian yang lain." (HR. Bukhari-Muslim)


Dalam suatu hadist diriwayatkan  dari Anas bin Malik ra. katanya: Aku pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda:
" Barang siapa yang menginginkan rezekinya dimudahkan dan usia dipanjangkan, maka hendaklah dia menyambung silaturrahim." (HR Bukhari Muslim)


6. Berbakti kepada orang tua


Berbakti kepada kedua orang tua merupakan suatu amal yang sangat terpuji. Berbakti kepada orang tua merupakan ibadah yang mulia, taat perintah Alloh SWT dan berbuat baik terhadap makhluk Alloh SWT.  

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra. katanya: 
Telah datang seorang laki-laki kepada Rasulullah SAW lalu bertanya: "Siapakah manusia yang paling berhak untuk aku layani sebaik mungkin?" Rasulullah SAW bersabda: "Ibumu." Beliau bertanya lagi: "Kemudian siapa?" Rasulullah SAW bersabda: "Kemudian ibumu." Beliau terus bertanya: Kemudian siapa?" Rasulullah SAW bersabda: " Kemudian ibumu." Beliau terus bertanya: "Kemudian siapa?" Rasulullah SAW bersabda: " Kemudian ayahmu." (HR. Bukhari-Muslim)


7.Menghadiri Majelis-majelis Ilmu

Ketika muslimah mendatangi majelis-majelis ilmu maka ia akan mendapatkan pengetahuan dan bisa bersilarrahim dengan saudari muslimah yang lainnya.
Diriwayatkan dari Ibnu abbas ra. bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: 
"Jika kalian melewati taman surga, maka nikmatilah sejenak." Para sahabat bertanya, "Apa itu taman-taman surga, wahai Rasulullah?" Beliau menjawab: "Ia adalah majelis-majelis ilmu." (HR. Baihaqi)


Baca juga: Figur Wanita Penghuni Surga


Ukhti demikianlah beberapa ibadah yang dapat kita lakukan saat sedang haid atau menstruasi. Semoga bermanfaat dan dapat dilaksanakan ya. :)

Wassalamu'alaykum wr.wb





Sumber:
Iis N;Iis S, 2011, Ternyata wanita lebih mudah masuk surga. Bandung: Ruang Kata 
Al bayan, 2008, Shahih Bukhari Muslim. Bandung : JABAL

0 Response to "Menjaga Ibadah Ketika Haid"

Post a Comment

Terimakasih anda sudah mengunjungi blog kami, silahkan tinggalkan pesan / komentar anda pada form komentar yang sudah kami sediakan di bawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel