Arkanul Islam

Arkanul Islam berasal dari kata arkan dan islam. Arkan yaitu rukun berarti bagian yang inheren (tidak terpisahkan). Pelaksanaan rukun islam merupakan suatu pelaksanaan ibadah yang menghubungkan seorang muslim dengan Alloh SWT. Islam berasal dari kata aslama yang berarti menyerah/ menyerahkan diri kepada Alloh SWT, dan dari kata salima yang berarti selamat.

Rukun Islam terdiri dari 5 hal, yaitu:


1. Syahadatain

Syahadatain berasal dari kata syahadah yang berarti persaksian atau pengakuan. Syahadatain artinya dua persaksian/ pengakuan, yaitu syahadah Illahiyah dan syahadah kerasulan. Dua kalimah syahadat adalah sebagai berikut:


Hasil gambar untuk syahadatain
2. Shalat

Arti shalat menurut bahasa yaitu Do'a sedangkan menurut istilah shalat adalah perbuatan yang diajarkan oleh syara' dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam. Shalat merupakan ibadah yang sangat penting sebagaitiang agama. Shalat menjauhkan diri dari perbuatan keji dan munkar.

3. Zakat

Zakat merupakan sebagian kekayaan yang diambil dari milik seseorang yang diberikan sesuai ketentuan kepada orang yang berhak, yaitu asnaf mustahik. 

Firman Alloh SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 43, yang artinya:
"Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan rukulah beserta orang-orang yang ruku." (Qs. Al-Baqarah :43)

4. Puasa

Puasa merupakan rukun islam yang ke empat yang diperintahkan Alloh kepada orang-orang beriman. 
Firman Alloh SWT yang artinya:

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebeum kamu, agar kamu bertaqwa." (Qs. Al-Baqarah: 183)

5. Haji

Naik haji ke baitullah  merupakan rukun islam yang terakhir bagi yang mampu melaksanakannya, maksudnya mempunyai harta, waktu dan badannya sehat. 

0 Response to "Arkanul Islam"

Post a Comment

Terimakasih anda sudah mengunjungi blog kami, silahkan tinggalkan pesan / komentar anda pada form komentar yang sudah kami sediakan di bawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel